Rabu, 29 Oktober 2014

Hobi

Hobiku adalah membaca. Aku mendapatkannya dari sebuah majalah anak-anak. Jadi gini awal ceritanya, waktu itu ibuku mengirimkan foto dan dataku ke sebuah rubrik koresponden di majalah anak-anak itu. Dan di bagian hobinya, ibuku menuliskan kalo hobiku adalah membaca. Dan sejak saat itu, aku memproklamirkan diri bahwa hobiku adalah membaca.

Hobi adalah sebuah kegemaran atau kesenangan terhadap sesuatu perilaku tertentu. Dan yang patut diperhatikan adalah hobi itu berada di luar lingkaran kegiatan dan kebutuhan sehari-hari. Jadi yang namanya makan, tidur, minum, bernapas, mandi, dan lain-lainnya bukan termasuk hobi. Nggak kebayang kalo ada seseorang yang bilang bahwa hobinya makan, kalo suatu saat dia nggak lagi bilang bahwa hobinya makan terus ternyata dia berhenti makan.

Karena hobi itu menjadi spesifik kepada hal-hal tertentu, hobi ini bisa jadi penghasilan. Yang hobinya main sepakbola misalnya, dia bisa berkembang menjadi pemain sepakbola profesional. Atau yang hobinya bikin kerajinan, dia bisa menjual hasil-hasil kerajinannya. Tapi yang hobinya nyolong sebaiknya jangan dikembangkan, itu bisa jadi kriminal!

Kalo sekarang, seiring berjalannya waktu, hobiku jadi tambah banyak, nggak cuma membaca saja, sampai-sampai saking banyaknya aku nggak punya cukup waktu buat ngelakuin semua hobiku. Aku jadi lebih mengelompokkan hobi-hobi ini menjadi minat. Jadi kalo ada sebuah pendaftaran blog di internet, terus aku diharuskan mengisi bahwa blog itu tentang apa, itu bisa aku isikan sesuai dengan apa yang menjadi minatku.

Kalo minat ini berbeda dengan bakat. Misalkan aku berminat menjadi penyanyi, tapi ternyata kalo aku ngorok aja fals, berarti aku nggak bakat jadi penyanyi. Tapi tetap aja sama, minat bisa berubah dan bakat bisa diasah. Jadi kalo aku berminat menjadi penyanyi, aku bisa berlatih dan ikut kursus menjahit agar bisa menjadi koki ternama.

5 komentar:

  1. Bagus (y)
    Kalau hobi membaca, boleh mampir ke blog baru ini yah http://kisahkrusita.blogspot.com :D baca baca aja.
    Terima kasih :))

    BalasHapus
  2. Orang yg senang membaca gak akan rugi ya mas,sebab dengan membaca kita jadi tahu berbagai hal :)

    BalasHapus
  3. Intan: siap, menuju TKP :)
    Yulita: yups, baca itu malah untung, jadi banyak ilmu

    BalasHapus
  4. hobi ya?
    klo gw sih lagi seneng2nya bikin cerpen patah hati. bujan karena gw lagi patah hati, tapi seneng aja

    BalasHapus
  5. Wah, hobinya malah bikin sedih tuh :D

    BalasHapus

Silakan berkomentar, mumpung gratis lo...!!!

Daftar Blog Saya